Cara Membuka Bisnis Periklanan Yang Menghasilkan Untung

Banyaknya jenis perjuangan yang bisa dilakoni calon pelaku perjuangan seringkali membuatnya bingung. Usaha apa yang hendak dipilih dengan potensi laba besar modal kecil? Nah, kalau anda kini sedang mencari sebuah peluang perjuangan menjanjikan di tahun ini, maka bisnis periklanan merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dan tidak pernah mati. Bisnis ini setiap tahun berkembang terus menghasilkan profit hingga miliaran dolar pertahun.

Di Indonesia berbagai perusahaan periklanan dari skala kecil hingga skala besar. Dari skala lokal tempat hingga internasional. Dan rata-rata kebanyakan perjuangan periklanan tersebut menguntungkan dan menghasilkan pendapatan yang tidak mengecewakan besar. Apalagi media periklanan kini bertambah banyak. Seperti buku, radio, televisi, baliho, neon box, majalah, website, blog, catalog, spanduk, reklame, papan pengumuman dan media lain sebagainya yang menambah penghasilan perjuangan advertising atau periklanan.

Sementara itu, perusahaan periklanan bekerja keras memberikan sejelas-jelasnya kepada masyarakat mengenai informasi sebuah produk atau isu melalui media tertentu sehingga masyarakat tahu keberadaan produk tersebut, mengenali kelebihan dan kekurangan produk dan jasa itu yang pada hasilnya bisa menarik minat beli masyarakat terhadap jasa atau produk yang diiklankan. Semakin rajin mereka berpromosi dan beriklan maka semakin dikenal produk mereka oleh publik. Bila hal ini terjadi perusahaan produsen barang dan jasa itu akan untung besar serta memudahkan mereka dalam berbagi usaha.
 Banyaknya jenis perjuangan yang bisa dilakoni calon pelaku perjuangan seringkali membuatnya galau Cara Membuka Bisnis Periklanan yang Menghasilkan Untung

Penulis pernah bekerja di bidang periklanan secara fisik maupun online. Di Perusahaan Pusat Profil dan Biografi Indonesia, penulis bekerja sebagai copywriter yang menuliskan kalimat-kalimat absurd iklan yang menarik, menciptakan iklan layanan perusahaan, iklan produk tertentu dan lain sebagainya. Namun seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi kini mulai beralih ke dalam bisnis periklanan google adwords. Dengan alasan salah satu bisnis periklanan terbesar di dunia yakni google adwords yang bisa diikuti semua orang dari seluruh dunia dengan modal kecil hingga gratis.

Pangsa pasar bisnis periklanan sangat berbeda dengan pangsa pasar usaha produk consumer. Pasar utama perjuangan periklanan yaitu para perusahaan produsen barang konsumen. Sedangkan market bagi perjuangan produk konsumen yakni konsumen secara langsung. Sehingga perusahaan iklan ada di dua potongan yaitu pelaku perjuangan produsen barang selaku konsumen dan pihak konsumen barang pribadi yang disebut audience.

Cara Membuka Bisnis Periklanan yang Menghasilkan Untung
Untuk memulai menjalankan perjuangan periklanan yang menguntungkan susah-susah gampang. Berikut ini hal-hal yang mesti diperhatikan kalau teman ingin mendirikan bisnis periklanan yang menghasilkan untung besar, antara lain:

Pahami Alur Bisnis Periklanan
Modal perjuangan yang utama dari bisnis periklanan bukanlah uang. Namun ide, kreatifitas, konektifitas, relasi, jaringan dan teknis pengalaman serta kemampuan memahami keinginan pasar dan kreatifitas yang dimiliki. Dengan bekal itu, tanpa uang sebetulnya bisa saja menjalankan bisnis advertising. Dengan syarat menyerupai di atas mempunyai ilmu, kemampuan dan pengalaman. Semua itu bisa didapatkan dengan cara bergabung atau bekerja terlebih dahulu di perusahaan distributor biro periklanan yang besar dan mapan. Di sana teman bisa berguru cara menjalankan bisnis periklanan yang menghasilkan laba besar. Anda bisa menduplikatnya ke dalam perusahaan advertising yang teman bangun. Gunakan teknik ATM yakni amati, tiru dan modifikasi alur perjuangan advertising hingga menguntungkan. 

Teamwork
Dalam memulai perjuangan periklanan umumnya tidak gampang. Dan jarang sekali bisa dijalankan secara perorangan. Melainkan bisnis periklanan harus dilakukan secara teamwork supaya laba besar diraih. Misalnya karyawan potongan lapangan dan potongan kreatifitas harus saling berafiliasi kompak dan intens yang berada di bawah naungan administrasi satu orang hingga dua orang.

Sumber Daya
Inilah yang harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum memulai perjuangan advertising yakni ketersediaan sumber daya yang ada mencakup tenaga fotografer, desain, model dll. Kaprikornus pastikan anda mempunyai sumber daya yang ada untuk mendukung operasional perjuangan periklanan dengan merekrut tenaga andal tersebut jadi karyawan anda atau tak merekrut permanen dengan cara bekerja sama dengan mereka dengan sistem upah yang saling menguntungkan.

Lokasi Usaha
Sama menyerupai perjuangan lainnya, bisnis periklanan memerlukan lokasi perjuangan yang nyaman dan representatif. Namun lokasi perjuangan tidaklah harus ukuran besar. Ukuran mini pun bisa dijadikan lokasi perjuangan periklanan yang profesional dan untung besar. Sebab sebagian aktifitas perjuangan periklanan lebih banyak dikerjakan di luar kantor menyerupai proses produksi. Lokasi perjuangan hanyalah memperlihatkan gambaran positif kepada para konsumen mengenai keberadaan perjuangan periklanan teman yang benar-benar professional. Lokasi perjuangan sebagai tempat terjadinya kesepakatan, kerjasama saling sinergi antara teamwork, penawaran dll.  

Pemasaran 
Terakhir yakni hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka perjuangan periklanan yaitu pangsa pasar atau dilema pemasaran. Libatkan seluruh sumber daya yang ada untuk melaksanakan proses pemasaran menyerupai tim produksi yang selalu aktif. Pastikan konsumen yang didapatkan mendapat pelayanan yang ramah dan memuaskan. Dimana iklan yang disampaikan sesuai dengan keinginan konsumen.

Walaupun bisnis periklanan terbilang tinggi tingkat persaingannya, perjuangan advertising ini tetap menjanjikan untung besar. Bisa dijadikan sebagai usaha sampingan modal kecil. Karena pangsa pasar yang masih teramat luas. Dimana berbagai produsen barang dan jasa dari para pelaku perjuangan kecil dan besar. Anda bisa mengawali perjuangan periklanan dengan skala kecil hingga skala besar. Apakah sesuatu yang besar dimulai dari kecil? Walau modal kecil tapi laba bisa besar. Karena bisnis advertising dilema kreatifitas.

Pendek kata, bisnis periklanan bisa dijalankan secara fisik di dunia kasatmata maupun secara online. Dikarenakan sebuah perusahaan ingin memperkenalkan produknya supaya dikenali dan dibeli sebanyak mungkin orang.

Dan menurut pengalaman penulis, memulai bisnis advertising bisa tanpa modal lantaran ini menyangkut ide. Yang dibutuhkan yakni kepintaran memahami pasar, mempunyai inspirasi kreatif yang cemerlang untuk memulai perjuangan periklanan di Indonesia.

Kisah Pengusaha Sukses Usaha Periklanan
Siapa sih Leo Burnett? Mungkin sebagian orang masih asing dengan nama ini. Leo Burnett yakni salah seorang pengusaha yang sukses dalam perjuangan periklanan secara global. Pria yang dijuluki si raja iklan ini telah menghasilkan banyak iklan kreatif menarik yang melegenda hingga kini ini.

Banyak perusahaan besar kelas dunia yang menggunakan jasanya. Misalnya, All State Insurance, Pillbury Dough, Maytag, Kelloggs, Hallmark, Coca Cola, Chrysler, Samsung, United Airlines General Motors, Mc Donalds, Star Kist Food, Phillip Morris, P&G, dan perusahaan besar lain-lain.

Pada waktu itu, perusahaan rokok Marlboro mengalami hambatan dilema marketing. Dimana penikmat rokok filter ini lebih banyak didominasi wanita. Padahal pasar yang dituju yakni pria. Kemudian Phillip Moris menggunakan jasa iklan Leo Burnett. Leo Burnett pun menciptakan iklan rokok Marlboro yang sangat menarik. Dimana tampil para lelaki koboy yang menaiki kuda sambil merokok dengan penuh kenikmatan. Iklan ini menarik banyak perhatian orang di seluruh dunia. Iklan ini melambungkan rokok Marlboro yang kemudian banyak dibeli para lelaki di seluruh dunia hingga ketika ini.

Kesuksesannya tidak diraih dengan mudah. Awalnya Leo Burnett mempunyai keinginan jadi seorang jurnalis hebat. Ia pun menuntut ilmu jurnalistik di University of Michigan. Hingga tahun 1914 ia lulus dengan menyandang titel sarjana jurnalistik.

Ada kalanya harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Kita menghendaki sesuatu tapi Allah SWT menghendaki yang lain. Manusia hanya bisa berusaha. Allah SWT yang menentukan. Itupula yang dialami Leo Burnett muda. Ia bercita-cita bekerja di surat kabar populer di kota Newyork. Tapi nasib membawanya ke Illinois. Di Peoria Jurnal ia bekerja sebagai penulis yang cukup handal. Atas kinerjanya yang cukup baik, pada suatu waktu Leo memperoleh tawaran kerja untuk menulis wacana kendaraan beroda empat cadillac dengan honor 25 dolar seminggu.

Ingin mendapat honor yang lebih besar lagi, kemudian ia pindah ke kota Detroit. Di tempat inilah ia berguru pada Theodore McManus mengenai cara kreatif menciptakan iklan soft selling yang bergambar dan disukai orang dengan sangat menyenangkan. Isi iklan tidak memuji pada produk dan kualitasnya.

Kemudian di usia  40 tahun, ia berpindah tempat tinggal ke tempat Chicago. Di sini Burnett bekerja di perjuangan biro periklanan setempat dalam waktu empat tahun. Menyadari kariernya semakin mandeg dan penghasilan terbatas, Burnett tetapkan untuk membuka perjuangan bisnis periklanan milik sendiri. Apalagi ia sudah mempunyai bekal ilmu dan kemampuan yang mencukupi dari bisnis ini.

Ia menjalankan bisnis periklanan secara menyenangkan, ramah dan sanggup diandalkan oleh para konsumen. Sehingga dalam kurun 2 tahun, perusahaan biro iklan miliknya bisa membekukan omzet 6.000 dolar / tahun. Untuk meningkatkan laba perjuangan periklanan, ia mengajak kerjasama salah seorang rekan bisnisnya yang andal dalam pemasaran berjulukan Richard Heath yang bertugas menggaet beberapa perusahaan besar kelas dunia.

Benar saja, semenjak terjadi sinergi antara Burnett dan Richard laba biro iklannya melambung pesat sekitar 2 juta dolar pertahun. Hal ini tak terlepas dari kemampuan Richard Heath menggaet sejumlah perusahaan ternama menyerupai Pillsbury Dough, Brown Shoes company atau The American Meat Institute, dll.

Sejak dibuatkan iklan bergambar oleh biro iklannya, beberapa perusahaan besar mengalami laba besar disebabkan produknya laku anggun dikenal orang hingga sekarang. Teknik periklanan yang dibentuk Burnett sangat dramatis, menyenangkan dan mengekspos kualitas produk sehingga menempel cukup berpengaruh dalam ingatan banyak orang.  Dan kini dasar-dasar periklanan moderen masih menggunakan prinsip-prinsip iklan yang dijalankan oleh Leo Burnett. Lelaki jenius ini dijuluki si raja iklan dunia yang terus melegenda hingga kini.
Related Posts